Tante Nyinyir vs Rujak

Alkisah, adalah si Tante sebelah rumah yang entah kenapa radar nya tajem banget sampe bisa ngendus gosip rumah tetangga dalam radius sekian kilometer *beneran ini*. Dulu kami-kami di rumah sempet curiga jangan-jangan nih Tante adalah Menteri Urusan Orang Lain yang lagi nyamar. Devil in disguise. Tapi dia nya kagak pinter-pinter banget nyamar, lah tanduk syaiton nya keliatan banget haha. Beneran, tiap kali ngedengerin dia ngomong entah kenapa bisa ngebuat hati yang denger itu ter-silet-silet segala. Padahal bukan yang dengerin lho yang dirumpiin. Ya iyalah, berani gitu dia ngerumpiin orang pas di depan mukanya objek rumpi…bisa jambak-jambakan kali ya.
Anw, ceritanya Ibu dan beberapa sahabat sekampungnya *yoi cuy, punya geng dong Ibu saya, kalah ey anaknya* lagi kongkow-kongkow bareng dibawah pohon Ketapang depan rumah yang rindang jaya itu. Nah si Tante Nyinyir dengan penuh gaya ikutan kongkow disitu. Walaupun anggota kongkow yang lain kek ngerasa kurang nyaman, si tante nyinyir mah cuek beibeh dan teteup kekeuh kongkow bareng geng Ketapang. Waktu itu lg ada rujakan di bawah Ketapang, masa dilewatin gitu aja..akhirnya saya ikutan nimbrung ngerujak sambil dengerin obrolan para geng Ketapang dan tentunya semburan gosip dari si Tante Nyinyir. Si Tante dengan gegap gempita semangat empat lima ngebahas gosip teranyar di kampung tercinta. Gosip pas edisi rujakan itu tentang temen saya jaman SD, sebut aja X, tetangga deket rumah juga, yang jadi mistress.

Tante          : “Kok si X ngga pernah keliatan lagi ya bu
akhir-akhir ini”
Anggota 1 : “Ah ada kok, kemaren kita liat ya bu Anggota 2?”
Bu Anggota 2 yang lagi ngunyah rujak ngangguk-ngangguk setuju

Tante          : “Ngga kok, udah 2 mingguan ini ngga keliatan. Si ibu liatnya  kapan?dimana?salah kali itu si adenya X. Kan mukanya mirip tuh”

Anggota 2 : “Lha, kok kowe iku ngotot tho nduk. Sing ngeliat ae sik inget kok. Waduh, iki rujak cabe nya piro to mbak?” *sambil kepedesan nyari konfirmasi jml cabe yg ngeracunin bumbu rujak jadi bumbu syaiton*

Tante : “Ngga kok, beneran udah 2 mingguan ini ngga ada di rumahnya bu, aku kan tau pasti kalo dia dirumah. Lha rumahnya keliatan dari rumahku iki kan”

Anggota 3 : “Huff…..pedes’e rek, iki sopo sing nggawe bumbu iki?sopo iki “
*Ibu Anggota 3 ngga sibuk nimpali rumpian, lebih concern sama pelaku kejahatan bumbu rujak*

Tante : “ Lagian, bener aja si X itu ngga pernah di rumah. Dia kan udah jadi *sambil bisik-bisik* mistress nya si Bapak Z dari kampung sebelah. Biasa lah kelakuannya….

Sampe sini saya menghentikan proses comot-kunyah rujak sambil menatap ngga percaya, bisa-bisanya ini orang inget urusan orang lain pas lagi makan rujak. Super pedes pula rujaknya.

Anggota 4 : “Masa sih?memang si X agak bandel dulu. Tapi masa sekarang segitunya ya?”
Waks..buseet, salah satu anggota Geng Ketapang ada yang mulai kebawa arus nih.
Tante : “Yah buktinya, liat aja…sekarang aja dandanannya lain lho. Padahal kan tau sendiri gimana kondisi rumahnya, keuangannya. Dapet dari mana coba..bla bla bla..bla bla”
Si Tante kek api kesiram minyak. Makin gempita nggosipnya. Ya ampyuuuun tante..mulutmu harimaumu. Iih..gatel mo nyela, tapi itukan orangtua. Ntar kualat. Anggota Ketapang yang lain mulai serius memperhatikan ocehan Tante Nyinyir sambil terus makan rujak. Tanda-tanda akut klo aura gosip Tante Nyinyir mulai berhasil ngerasukin orang yang dengerin omongannya.
Anggota 1 : “Yo wes lho…biarin ae. Toh hidup-hidupnya si X. Ndak perlu diurusin. Kita sendiri belum tentu bener lho yo”
Akhirnya..ada yg nyela juga. Gara-gara selaan dari bu Anggota 1 Tante Nyinyir kemudian terdiam. Malu \
kali ya.
Anggota 2 : “Iyo yo…biarin ae, toh ndak ngerugiin awak’e dewe yo bu” (biarin aja toh ngga merugikan diri sendiri maksudnya)
Anggota 3 dan 4 : “Ho oh”

Acara ngerujak sore itu akhirnya berakhir dengan ibu-ibu anggota Geng Ketapang yang cuek sama gosip ngga penting itu karena lebih serius kepedesan, saya yang sibuk ngambilin air minum buat geng Ketapang, dan si Tante Nyinyir yang manyun gara-gara Breaking News nya seputar gosip terhangat di kampung kami di anulir ibu Anggota 1. Dasar gosip…digosok makin sip, tapi ternyata bisa kalah juga sama bumbu rujak pake cabe 23 biji hehe.

Sakit pada pandangan pertama

Kalo ada yang namanya cinta pandangan pertama…baru ini saya ngerasain sakit pada pandangan pertama. Lah korelasinya?jadi klo cinta pandangan pertama kan pertama liat uda suka, tanpa ada tanda-tanda kita akan cinta padanya. Nah kalo sakit pada pandangan pertama ituh, miripnya di sisi kita ngga ngerasain gejala ato symptom klo bakal sakit. Tau-tau aja sakit. Nah itu kejadian beneran di saya. Jadi ceritanya aslinya Ibu yang sakit. Batuk-batuk kering bandel gitu. Uda diminumin macem2 obat masih menter aja tuh batuk. Berhubung beliau susah bgt dibawa ke dokter, kecuali diikat trus dibawa paksa, jadi kita yang harus muter otak gimana cara beliau bisa sehat lagi tapi ga perlu pake adegan ikat-angkut-paksa ke dokter terdekat. Pulang ngantor saya sengaja mampir ke pasar di dekat kantor (iya, baru ngeh ada pasar yg buka sampe malem ternyata!). Jadi jalan pulangnya muter 2 kali lebih jauh soalnya posisi pasar bukan di rute pulang saya. Trus sengaja saya borong jahe yg masih seger, maksudnya mo buatin Ibu wedang jahe super manteb biar batuknya pergi dan tak pernah kembali lagi. Sampe rumah saya buat itu wedang. Ibu sebagai korban tunggal Cuma pasrah aja waktu harus minum itu wedang. Katanya sih enak Cuma pahit dikit. Iseng, saya nyoba ngerasain sisa wedangnya itu sedikit. BWEEEHH…yuck..pahit buanget. Pantes mukanya Ibu ngernyit-ngernyit menderita gitu waktu minum. Keknya saya kebanyakan masukin jahenya hehehe. Napsu bgt sih pengen liat Ibu cepetan sembuh. Mikirnya makin banyak jahenya, makin cepet sembuhnya. Ngga mikir klo rasanya bakalan jadi pahit-pahit jamu gitu. Lah abis Ibu minum itu wedang jahe, beliau tertidur pulas. Saya jadi sendirian deh. Nonton tipi. Eh jadi laper. Gerilya lah saya di dapur. Yg keliatan Cuma si Jahe. Masa juga mo nyemil jahe?emang kuda lumping apa?akhirnya nyemil nasi pake sambel goreng teri pedes yg ada di meja. Eh ga nyemil sih. Makan malem aslinya, secara porsinya kuli gitu. Selesai makan, nyuci piring, pasang sleep mode di TV, dan saya tertidur juga. Eh..eh…dan tiba-tiba 2 jam kemudian kali ya, saya terbangun gara-gara sakit perut yg sangat. Ibu juga jadi kebangun. Kata beliau sih suhu badan saya tiba-tiba tinggi. Sampe saya bisa tertidur lagi *sambil nahan sakit* kata Ibu saya masih demam. Dan paginya, saya bangun dengan perasaan emmhh…ngga uenak buanget. Nggliyeng jaya. Dipake jalan berasa kek terbang. Meriang, pusing, lemes.
Sempet cemas jangan-jangan si tipes mampir lagi nih. Soalnya dulu gejalanya jg sama. Klo malem demam tinggi. Paginya demam minggat, ninggalin meriang sama nggliyeng yang setia menanti si demam datang di malam hari. Makanya sekarang saya juga masih harap-harap cemas. Si demam dateng lagi ngga ya ntar malem. Klo sampe iya, dan klo sampe kejadian 3 hari berturut-turut..bedeuh…hampir pasti ini ulah si tipes. Jadi untuk sementara *saran Ibu tercinta* dilarang capek-capek, dilarang ngelembur sampe malem, dilarang nonton tipi ato browsing sampe malem, dilarang begadang, dilarang jajan sembarangan…buanyaaak lagi lainnya. Dan demi kebaikan bersama, hal-hal tsb adalah haram dilanggar. Semogaaa Cuma flu biasa aja *berdoa sambil harap-harap cemas*

100 Days After

Waktu sepertinya melintas sekejap mata sejak Bapak pergi. Malam ini semua seperti terputar lagi di kepala. Rentetan kejadian-kejadian di waktu terakhir kita masih bareng pak. Semua kenangan lucu, konyol, pahit dan manis…secara random menyerang kepala ade sejak kemarin. Entah mungkin melankolis pasca period, entah memang aku kangen Bapak. Mungkin opsi kedua yg lebih tepat ya.

Ga terasa udah 100 hari ade dan Ibu hidup tanpa Bapak lagi. Ngga ada lagi cerita masa lalu dari Bapak yg jadi pembangkit semangat ade, sandaran ade kalo lagi suntuk setengah gila, tempat berkeluh kesah yang ngga pernah lelah dan bosen mendengarkan segala jenis kategori curhat ade *walaupun Bapak sendiri sakit*, ngga bisa lagi ngobrol sama Bapak yang selalu jadi favorit semua anggota keluarga karena ketegasan dan kearifannya, Sabda Pandhita-ers yang paling kekeuh dan bijak yang pernah ade kenal.

Mungkin percuma bilang kek gini lagi. Tapi ade banggaaa bgt bisa punya daddy kek Bapak. Prinsip hidup, konsistensi dalam mengambil keputusan dan ngadepin konsekuensinya, keteguhan dan besarnya hati, Sabda Pandhita yang kekeuh dijalankan, bertanggung jawab, kasih sayang ke semua keluarga yang ga pernah berubah, kedewasaan, survivalitas dan semangat yang tinggi, kebijaksanaan, emotion control tingkat tinggi….and so many unsaid things. Semua yang sudah pernah Bapak ajarkan selama 24 tahun ini, sekuat mungkin akan ade jalankan dan terapin. I’ll try not to let you or mom down.

How I missing you so bad here dad. Kangen berat sama Bapak. Kehilangan terbesar untuk pertama kalinya dalam hidup ade, ga pernah nyangka harus kehilangan Bapak secepat ini. Iya sejak Bapak sakitnya tambah parah, memang Ibu berkali-kali mengingatkan ade supaya siap sama semua worst case yg mungkin akan kejadian. Supaya ade lebih siap. Tapi nyatanya ngga. Ade tetap berharap Bapak bisa kuat ngelewatin semuanya. Mengabaikan kenyataan bahwa walaupun semangat sembuh Bapak super tinggi, badan Bapak sudah susah diajak sembuh. Seandainya bisa diparuh nyawa to make you stay longer. Tapi itupun terasa sangat egois, dan ngga mungkin ade sanggup ngeliat Bapak nahan semua sakit Cuma demi agar kami ngga kehilangan Bapak. Jadi, saat akhirnya Bapak pergi…rasanya itu memang jalan terbaik yang dipilihkan Allah. Tenanglah disana ya pak. No worry about mom or me. I’ll try all my best to take care of her. Ngebahagian Ibu sebahagia-bahagianya yang ade bisa. Fyi, kita bakalan sering ngerumpiin Bapak hehe. Recalling all of those memories with you and share it together, especially when we missing you so.
Kangen…kangeen banget sama Bapak.

Realize – Colbie Calliat

Take time to realize. That your warmth is crashing down on in.
Take time to realize. That I am on your side. Didn’t I, didn’t I tell you.
But I can’t spell it out for you, no it’s never gonna be that simple
No I cant spell it out for you…

If you just realize what I just realized, Then we’d be perfect for each other and will never find another. Just realize what I just realized. We’d never have to wonder if we missed out on each other now.

Take time to realize…
Oh-oh I’m on your side. Didn’t I, didn’t I tell you.
Take time to realize..This all can pass you by

But I can’t spell it out for you, No its never gonna be that simple
No I can’t spell it out for you.

If you just realize what I just realized. Then we’d be perfect for each other and we’ll never find another. Just realize what I just realized
We’d never have to wonder if we missed out on each other but.

It’s not the same, No it’s never the same.
If you don’t feel it to. If you meet me half way
If you would meet me half way, It could be the same for you.

If you just realize what I just realized, Then we’d be perfect for each other and we’ll never find another.
Just realize what I just realized..we’d never have to wonder
Just realize what I just realized

If you just realize what I just realized
Missed out on each other now…Realize

——————————————————————
Lagunya daaleemmm……
so, what you’ve realized? 😉

Notes for myself

There will be one day in your life..when you think you should stop for a while and recall everything that you’ve done.
You think you might’ve taking the wrong turn, making stupid mistakes, decide something wrong. But then you realize that even everything seems so wrong…you know it will lead you to the right path.
Every sad-dissapointed-stuff, just left it behind. Let it be just a pixel in your large picture of your past.
Open your eyes..wider your mind…clear your view…and take one new brave step

Over It – Katherine Mcphee

I’m over your lies and I’m over your games.
I’m over you asking me when you know I’m not okay.
You call me and I…And I pick up the phone.
And though you’ve been telling me, I know you’re not alone.

Oh and that’s why
Your eyes… I’m over it.
You’re smile… I’m over it.
Realized… I’m over it, I’m over it, I’m over…

Wanting you to be wanting me. No, that ain’t no way to be.
How I feel. Read my lips. Because I’m so over…I’m sorry

Moving on
It is my time. You never were a friend of mine.
Hurt at first a little bit But now I’m so over. So over it.
I’m so over it…

Wanting you to be wanting me. No, that ain’t no way to be.
How I feel. Read my lips. Because I’m so over it.

Moving on
It is my time. You never were a friend of mine
Hurt at first a little bit. Now I’m so over
So over it…

————————————
Enak didengerin…agak susah dinyanyiin. Klo dipaksa nyanyi ini di depan umum, kemungkinan besar bisa jadi polusi suara berat. Jadi jgn dipaksa nyanyi ini, ga dibolehin manajer sih *begaya sok seleb mode : on*

Memori Surabaya : Kos Pertama-Dharmawangsa

Surabaya. Mungkin berbeda jauh sama yang dulu ya. Mungkin kalau kesana sekarang, yg paling kerasa memori dan perjuangan kuliah di Ubaya tercinta. 5 tahun di Surabaya membekas sekali di hati *caelah*. Merantau demi kuliah, untuk pertama kalinya jauh dari rumah. Untuk anak manja seperti saya (iyee, dulu saya anak mama bgt hehe), sebulan pertama jauh dari rumah lumayan merepotkan. Mbok-mbok-an sih. Mana jaman dulu saya setengah kuper pula, jadi beradaptasi dgn lingkungan baru dulu cukup melelahkan buat saya. Untungnya saya ketemu temen-temen yang sejiwa, sama-sama aliran sesat hehe. Lumayan ngebantu buat ngelupain homesick dan mengasah bakat gendeng hehe. Seperti pepatah kambing selalu berkumpul dengan kambing, tanpa maksud merepresentasikan diri sebagai kambing *ga mirip dan ga pengen mirip hehe* saya selalu bertemu teman, orang atau kenalan dengan bakat gendeng yang senada dgn saya. Di kos pertama saya di daerah Dharmawangsa, kebetulan saya anggota termuda waktu itu. Dan paling katrok haha secara baru sekali itu hidup di kota besar. Momen di kos yg paling saya suka di kos Dharmawangsa itu waktu saya jemur baju di lantai paling atas (jemuran di lantai 4, kamar saya di lantai 3). Jadi abis ngejemur baju itu saya duduk-duduk di atap dong, kadang sama tiduran sambil ngeliat langit malam diiringi harum molto pink dari jemuran saya. Sampe sekarang setiap kecium bau molto pink itu, saya selalu teringat indahnya tiduran di atap sehabis ngejemur baju di kos lama saya itu. Haha gilanya, dulu saya kok ngga takut ya padahal kos saya termasuk angker aura nya. Pernah ada cerita mbak kos di lantai 2 papasan sama pocong yg lg hepi lompat-lompat di lantai 2. Ini sempat ngebuat anak-anak lantai 3 (termasuk saya) setengah yakin kalo di lantai 2 itu emg ada “penghuni tambahan” yang lebih milih lompat-lompat ketimbang jalan alias melangkah dengan normal.
Yang lucu lagi, karena kita kos di lantai 3 (ga pake lift lo ya, pake tangga!) jadinya klo ada penjual keliling kita belinya pake ember. Bingung?jadi gini, ada fasilitas swadaya yang diupayakan oleh kakak-kakak kos untuk mempermudah hidup anak kos yg seringnya melas karena jauh dari ortu. Dlm hal ini fasilitas itu adalah ember! Itu ember dikasi tali sekitar 6 meter, gunanya kalo kita pengen beli jualannya para penjualan keliling (seringnya sih sate, tahu tek, pangsit, bakpao chikyen dll), daripada kita lari turun 3 lantai (inget ya pake tangga, bukan pake lift!) ternyata lebih efektif pake teriakan disambung dgn ngeluncurin itu ember turun. Ga boleh sembarangan nuruninnya, salah-salah bisa kejedot ember si pak penjual. Mending kalo si pak penjual Cuma ngambek trus ngacir…lah kalo makanannya yg diracun pake sambel tiga baskom?beh..niscaya diare berminggu-minggu dong kita-kita.
Oiya, ibu kos saya yang pertama lumayan nista galaknya. Yah boleh dibilang lebay lah. Pertama jd penghuni baru disitu saya kaget setengah gila waktu si ibu kos itu datang *kek ada kunjungan rutin gitu*. Jadi ceritanya anak-anak lantai 3 pada rame-rame nonton tivi, dan tiba-tiba senior-senior saya itu kocar-kacir kalang-kabut beres-beres trus pada ngumpet di kamar masing-masing. Saya? Cuma bengong, sempat mikir apa ini latihan penyelamatan diri waktu gempa ato gimana. Sampe tiba-tiba salah satu kakak kos, kalo ga salah mbak Wari *miss you mbaak* narik saya paksa masuk kamar saya. Dengan sigap dia mematikan lampu dan dengan isyarat tanpa suara ngajak saya duduk. Wew..tegang banget dah, kalah tegang deh jaman ngejar maling jambu. Ngga berapa lama terdengar suara tak-tok-tak-tok naik tangga. Dugaan saya si pembuat suara tak-tok-tak-tok itu mah pastinya gede badannya, soalnya bunyi tak-tok nya manteb bgt. Dan kemudian…pecahlah suara sumbang itu “SUMIIIIII….kau ini bagaimana kotor sekali ini lantai, dikasi fasilitas ga dirawat, pemalas semua bla..bla..bla…”. Gilanya, ada kali 1 jam itu ibu ngomel panjang kali lebar di lantai kami *secara lantai 3 paling bebal diantara yg bebal kali ya hehe*. Yg kesian si Mbak Sumi, pembantu di kos kami itu. Eh ralat, ga jadi di kesianin…soalnya ga lama kemudian si mbak sumi itu malah nyalahin kita-kita anak lantai 3 atas kacaunya keadaan lantai 3. Padahal, keliatan jelas pake mata telanjang jg kalo mbak Sumi lebih sering males ngebersihin lantai kami. Sampe kadang kami ngepel sendiri koridor dan ruang tivi di lantai 3. Kamar mandi juga nasibnya serupa. Kembali ke tadi, ibu kos rupanya kemakan omongan dan mulai ngomelin kami-kami. Edannya, padahal kita-kita ga ada yang nongol *pada kompak sembunyi semua* tapi itu ibu kos dengan rela dan sungguh tidak merdu tetep kekeuh ngomel. Pasti dulu pas jaman SD tuh ibu, pas lagi musim-musimnya ngisi biodata di diary, si ibu dengan mantep nulis Ngomel untuk hobinya. Puas ngomel di lantai 3, si ibu turun ke lantai 2. Dan hebatnya melakukan hal yang sama! Gitu juga di lantai 1. Dan kondisinya rata-rata sama, semua penghuni kos tiba-tiba raib secepat dompet disambar copet. Gone in 60 second lah. Adalah sangat ajaib ibu kos itu punya tenaga ngomel-ngomel sendirian 3 jam di tiga lantai berbeda!!Dan suaranya terjaga bgt ga ngos-ngos-an ato jadi serak, kalah deh mbak Dewi Persik. Dan tolong diinget sodara-sodara, kita ga pake lift…kita pake tangga!Staminanya terjaga bgt ya. Di kondisi siaga 1 gini, indikasi aman adalah kalo uda ada suara pintu dibuka. Mbak wari dan saya lgs keluar begitu ada suara pintu dibuka. Ternyata mbak nana, dan berturut-turut keluar semua penghuni lantai 3 sambil cekikikan alus. Setelah dijelasin klo memang ibu kos kemungkinan besar memang terlahir galak bin lebay, saya berusaha maklum. Iseng saya dan beberapa mbak kos lainnya keluar ke teras lantai kami dan melihat ke bawah, ternyata si ibu kos masih ada di depan kos sedang berbicara sesuatu ke Mbak Sumi yang terlihat hanya mengangguk-angguk *sempat curiga jangan-jangan mbak Sumi disuruh senam kepala*. Dasarnya aura galak si Ibu kos itu gede bgt kali ya, Cuma ngeliat tuh ibu *dengan rambut beruban nan keritingnya* dari atas aja uda bisa ngebuat saya merinding.
“Gila mbak, liat dari atas sini aja uda merinding, gimana kalo liat mukanya hadap-hadapan langsung ya mbak?” tanya saya ke mbak kos saya
Kata si mbak, “Yah paling langsung pingsan kalo ga kuat iman”. Dan kemudian saya berdoa, semoga iman saya makin kuat biar ga pingsan klo ketemu jenis-jenis orang kek gitu.